Kurikulum

Madrasah Tsanawiyah Negeri Bangsal Kabupaten Mojokerto
MTsN Bangsal – Unggul dalam prestasi, Luhur dalam Pekerti, dan Trampil dalam Teknologi — MTsN Bangsal ….Yess

Kurikulum KTSP 2006

Bagi teman-teman yang memerlukan informasi tentang kurikulum di MTsN Bangsal berikut ini dapat dibaca … Okrik..

KURIKULUM

TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)

MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI BANGSAL

TAHUN PELAJARAN 2008/2009

DAFTAR ISI

BAB I : PENDAHULUAN ………………………………………………………………………… 1

A. DASAR PEMIKIRAN ……………………………………………………….. 1

B. LANDASAN ………………………………………………………………….. 2

BAB II : PROFIL MADRASAH …………………………………………………………. 3

A. Tujuan Satuan Pendidikan Dasar ……………………………………….. 3

B. Visi & Misi Madrasah ………………………………………………………….. 5

C. Tujuan Madrasah ………………………………………………………………….. 6

BAB III : STANDAR KOMPETENSI …………………………………………………………. 8

A. Standar Kompetensi Lulusan Madrasah Tsanawiyah …………….. 8

B. Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran ……………………… 8

C. Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran …………………………… 12

D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran …….. 24

E. Diagram Pencapaian Kompetensi Lulusan Madrasah Tsanawiyah ………. 50

BAB IV : STRUKTUR KURIKULUM & PENGATURAN BEBAN BELAJAR …….. 51

A. Struktur dan muatan Kurikulum …………………………………………….. 51

B. Pengaturan Beban Belajar ………………………………………………… 56

BAB V : PENGEMBANGAN MUATAN LOKAL …………………………………………. 61

A. Konsep dan Sifat Muatan Lokal ……………………………………………… 61

B. Mata Pelajaran Muatan Lokal ……………………………………………….. 61

C. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar …………………………. 67

D. Pelaksanaan Muatan Lokal …………………………………………………. 68

BAB VI : KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI ………………………………………… 69

A. Konsep dan Sifat Kegiatan Pengembangan Diri …………………….. 69

B. Bentuk dan sasaran Kegiatan Pengembangan Diri …………………. 70

C. Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar …………………………… 77

D. Pelaksanaan Kegiatan Pengembangan Diri ………………………………. 79

BAB VII : PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) ………………………. 83

A. Konsep dan Sifat Pendidikan Kecakapan Hidup …………………….. 83

B. Komponen Pendidikan Kecakapan Hidup di MTs ……………………. 85

C. Pengintegrasian Pendidikan Kecakapan Hidup di MTs ……………… 86

D. Pelaksanaan Pendidikan Kecakapan Hidup di MTs …………………. 89

BAB VIII: KETUNTASAN BELAJAR, SISTEM PENILAIAN, PINDAH MADRASAH DAN KELULUSAN ……………………………………………………………………. 92

A. Ketuntasan Belajar …………………………………………………………….. 92

B. Sistem Penilaian ……………………………………………………………….. 93

C. Pindah Madrasah ……………………………………………………………. 98

D. Kriteria Kenaikan kelas, Kelulusan Ujian Madrasah

Dan Ujian Nasional …………………………………………………………. 98

BAB IX : REVISI DAN PENGEMBANGAN KURIKULUM ……………………………. 101

A. Tinjauan Kurikulum ……………………………………………………………. 101

B. Revisi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ……………………….. 101

C. Pengembangan Kurikulum Satuan Pendidikan …………………… 101

BAB X : KALENDER PENDIDIKAN ……………………………………………………….. 112

LAMPIRAN

A. Standard Kompetensi Dan Kompetensi Dasar Mulok E. Conversation

B. Silabus

C. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

D. SK Kepala Madrasah Tentang Pembagian Tugas Kerja


BAB I

PENDAHULUAN

A. DASAR PEMIKIRAN

Pendidikan Nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Pendidikan dasar bertujuan meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Berdasarkan pada tujuan tersebut MTs Negeri Bangsal Kabupaten Mojokerto berupaya membangun landasan kegiatan pendidikan dalam suatu kurikulum yang disebut kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP).

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.

Pengembangan Kurikulum MTs Negeri Bangsal Kabupaten Mojokerto sebagai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang beragam mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri dari standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 (UU 20/2003) tentang Sistem Pendidikan Nsional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 (PP 19/2005) tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan kurikulum pada KTSP jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu kepada SI dan SKL serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Selain dari itu, penyusunan KTSP juga harus mengikuti ketentuan lain yang menyangkut kurikulum dalam UU 20/2003 dan PP 19/2005. Oleh karena itu, Tim Penyusun Kurikulum MTs Negeri Bangsal Kabupaten Mojokerto menyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sebagai kurikulum yang dikembangkan berdasar manajemen berbasis madrasah dengan melibatkan Komite Madrasah selaras dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 tahun 2006 tentang Pelaksanaan Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 dan Nomor 23 Tahun 2006 serta diketahui Departemen Agama Kabupaten Mojokerto.

Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut, pengembangan kompetensi peserta didik disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan.

Penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan ini sangat diperlukan untuk mengakomodasi semua potensi yang ada di daerah dan untuk meningkatkan kualitas satuan pendidikan, baik dalam bidang akademis maupun non-akademis, memelihara budaya daerah, mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dilandasi iman dan taqwa.

B. LANDASAN

Landasan yuridis formal yang digunakan dalam menyusun kurikulum tingkat satuan pendidikan tersebut antara lain :

1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Ketentuan dalam UU 20/2003 yang mengatur KTSP, adalah Pasal 1 ayat (19); Pasal 18 ayat (1), (2), (3), (4); Pasal 32 ayat (1), (2), (3); Pasal 35 ayat (2); Pasal 36 ayat (1), (2), (3), (4); Pasal 37 ayat (1), (2), (3); Pasal 38 ayat (1),(2).

2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Ketentuan di dalam PP 19/2005 yang mengatur KTSP, adalah Pasal 1 ayat (5),(13),(14),(15); Pasal 5 ayat (1),(2); Pasal 6 ayat (6); Pasal 7 ayat (1), (2), (3), (4),(5),(6),(7),(8); Pasal 8 ayat (1),(2),(3); Pasal 10 ayat (1), (2), (3); Pasal 11 ayat (1), (2), (3), (4); Pasal 13 ayat (1), (2), (3), (4); Pasal 14 ayat (1), (2), (3); Pasal 16 ayat (1), (2), (3), (4)(5); Pasal 17 ayat (1), (2); Pasal 18 ayat (1), (2), (3); Pasal 20.

3. Standar Isi

Standar Isi (SI) mencakup lingkup materi dan tingkat kompetensi untuk mencapai kompetensi lulusan pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Termasuk dalam SI adalah : kerangka dasar dan struktur kurikulum, Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) setiap mata pelajaran pada setiap semester dari setiap jenis dan jenjang pendidikan dasar dan menengah. SI ditetapkan dengan Permendiknas No. 22 Tahun 2006.

4. Standar Kompetensi Lulusan

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan sebagaimana yang ditetapkan dengan Permendiknas No. 23 Tahun 2006.

5. Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam No. DJ11-1/pp.00/ED/681/2006 tentang pelaksanaan Standard Isi

6. Rencana Pengembangan MTs Negeri Bangsal Tahun 2008


BAB II

PROFIL MADRASAH

A. Tujuan Satuan Pendidikan Dasar

Pendidikan Nasional yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mngembangkan potensi anak didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Dalam rangka mengemban fungsi tersebut pemerintah menyelenggarakan suatu sistem pendidikan nasional sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Salah satu komponen penting demi terlaksananya sebuah Sistem Pendidian Nasional yang terarah adalah keberadaan kurikulum.

Keberadaan kurikulum merupakan salah satu komponen penting dalam melaksanankan sebuah Sistem Pendidikan Nasional yang terarah. Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan potensinya agar menjadi manusisa paripurna sebagaimana yang tersurat dalam tujuan pendidikan nasional. Untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut, pengembangan potensi peserta didik harus disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan.

Sebagai upaya mendekatkan pendidikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik, serta tuntutan lingkungan, MTs N Bangsal Kab. Mojokerto mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kurikulum ini disusun dengan mengacu pada Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang telah ditetapkan oleh pemerintah demi menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional.

Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ini merupakan salah satu upaya sekolah untuk mengakomodasi potensi yang ada di daerah Kabupaten Mojokerto Jawa Timur dan untuk meningkatkan kualitas satuan pendidikan, baik dalam aspek akademik maupun nonakademik, memelihara / mengembangkan budaya daerah, serta menguasai perkembangan Iptek yang dilandasi Iman dan Takwa.

Pengembangan kurikulum disusun antara lain agar dapat memberi kesempatan peserta didik untuk :

(a) Belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,

(b) Belajar untuk memahami dan menghayati,

(c) Belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif,

(d) Belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain,

(e) Belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan jenjang pendidikan dasar ini dikembangkan oleh MTs N Bangsal dan komite Madrasah berpedoman pada standar kompetensi lulusan dan standar isi serta panduan penyusunan kurikulum yang dibuat oleh BSNP.

Lanjutannya Klik disini ya…

MGMP MATEMATIKA DI MTSN BANGSAL


Alhamdullillah akhirnya website ini dapat mejeng di Google… semoga bisa bikin kita diskusi nih sesama guru MGMP. Silahkan kirim komentar seputar MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran)

Buat siswa silahkan tanyakan beberapa soal yang perlu didiskusikan…. Thank’s bherrraaa…..tttt !

Ana dari MTsN Bangsal Madrasah Tsanawiyah Negeri Bangsal Kabupaten Mojokerto. Madrasah sekolah madrasah MTS MTs MTs Negeri Bangsal Jalan Pendidikan Sumbertebu Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto. Salam kenal siapa saja …. From Mr. Hasan .

Selamat belajar selamat belajar selamat belajar selamat belajar untuk siswa MTsN Bangsal khususnya….

Teman-teman dari anggota MGMP Matematika MTs se Kabupaten Mojokerto… Bagaimana keadaannya …. Jangan lupa Minggu depan ada Jadwal MGMP Matematika ya… Mungkin tanggal 17 Desember 2008. Persiapkan diri anda. O ya … udah dapat trik cepat menghitung apa belum ? Saya sendiri juga punya tapi udah kedahuluan orang . ha ha ha ha …. Artinya trik tersebut sudah banyak yang punya. Bagaimana dengan anda ???? Salam persahabatan dari Sekretaris MGMP Mata Pelajaran Matematika.

Update kali ini tanggal 10 April 2009 . MGMP yang dibimbing oleh Bp. H. Sholichan dari LPMP Jawa Timur telah berakhir. Gimana kelanjutannya ….
Kita harus berkarya. Gimana caranya… mari kita diskusikan bersama. Kita refresh sebentar ya … untuk bulan Mei dan Juni, Nanti untuk bulan Juli harus mulai lagi lho…. Apa gunanya dapat traning 7 kali (7 bulan) tapi kenyataannya hasilnya nollllll…. ?

Wassalam

9 thoughts on “Kurikulum

  1. kueren abist pak……………………………………………mts bisa masuk situs internet……………………………………………………….tapi lebih bagusan lagi kalau di kasih gambar yang buanyak……………………………….

  2. mts is the best………………………………………………….da bagus banget pak……………….. pa lagi kalau foto anak-anak terpampang disitu……………………..malah lucu banget………….fotonya di perbanyak ya pak…………………..

  3. buat nak mts yang rajin bljar yach kan mau semester,buat pak rom thanks banget dah ngajarin aku,and makacih juga dah nasehatin aku,to all teacher mts bangsal I LOVE YOU ALL,,,,,,BUAT HABIB HASAN PUN NGGEH TUGASE,,MATURNUWUN

  4. maju terus mtsn bangsalll…
    semoga sejahtera da sukses selalu…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s